Belajar mengenal bagian dari Alat Musik Saxophone

Belajar mengenal bagian dari Alat Musik Saxophone - Saxophone adalah salah satu alat musik yang masih termasuk dalam aerophone, single-reed woodwind woodwind instrument. Saksofon seringkali terbuat dari logam dan dimainkan memakai single-reed sama seperti klarinet. Saxophone lazimnya dihubungkan dengan popular musik, big band music dan jazz, tapi tadinya ditujukan sebagai instrumen orkestra dan band militer.


Google Image - Belajar mengenal bagian dari Alat Musik Saxophone


Sejarah Saxophone

Pada akhir dekade 20-an, alat musik saxophone mulai dipakai dalam dunia musik jazz. Saxophone adalah hasil rancangan dan usulan seorang berkebangsaan Belgia yang mempunyai nama Adolphe Sax. Ia mengharapkan sebuah clarinet yang bisa meniupkan octave dalam posisi jari-jari atas (tangan kiri) dan jari-jari bawah (tangan kanan) tidak berubah.

Dalam tahun 1840 beliau sukses memenuhi keinginannya itu dengan terbentuknya alat musik ciptaannya. Alat musik tiup ciptaannya tersebut tidak saja mempunyai posisi sama jari-jarinya dari atas hingga bawah seperti yang diinginkan pemakainya, melainkan juga dapat digabung. 

Adolphe Sax lalu menciptakan semua jenis yang masih tergolong saxophone, yakni soprano, alto, C melody, tenor,baritone dan bass saxophone. Bass saxophone ini demikian besar dan panjangnya, hingga untuk memainkan anda harus lah duduk di bangku yang tinggi. Karena tidak praktis saat digunakan, maka bass saxophone saat ini sudah tidak diproduksi lagi. Saxophone memiliki warna suara khas yang spesifik. Namun kehadirannya di dunia musik pada abad ke 19 tersebut tak bisa diterima oleh symphony orchestra. Alat musik saxophone baru digunakan dalam marching band militer pada mula abad ke 20. Dan setekah itu mulai masuk ke kancah jazz pada akhir dekade 20-an, bahkan alat musik saxophone mendominasi dalam bidang soloist musik jazz.

Bagi anda yang baru belajar alat musik saxophone mungkin anda belum mengetahui apa saja yang ada di saxophone dan apa sih nama – nama dari bagian dari saxophone itu?. Oke kalo gitu kita langsung saja ke artikel Belajar mengenal bagian dari Alat Musik Saxophone.

 

Belajar mengenal bagian dari Alat Musik Saxophone

 

Mouthpiece

Mouthpiece adalah salah satu bagian dari alat musik saxophone yang berguna untuk meniup alat musik saxophone itu sendiri. Nah mouthpiece sendiri memang benar-benar paling berpengaruh dengan hasil suara yang bakal di keluarkan saxophone ibaratnya tuh mouthpiece adalah nyawanya saxophone, jadi kalian mesti rajin-rajin aja mencoba mouthpiece entah tersebut kalian beli atau pinjem dari temen kalian, dan mouthpiece tersebut sifatnya lebih ke personal.  

Reed

Reed adalah aksesoris saxophone yang lainnya. Reed ini letaknya menempel pada mouthpiece. Fungsinya sendiri adalah untuk menata banyaknya udara yang masuk dari mulut ke dalam saxophone. Reed berikut yang akan menata berat atau ringannya tiupan yang dilakukan. Sebaiknya saat belajar bermain saxophone, kamu menyiapkan lebih dari satu reed. Pemakaiannya juga usahakan dirotasi setap kali berlatih supaya lebih awet. Lebih bagus lagi bilamana reed itu diberi nomor untuk mempermudah mengingat urutan rotasinya. Fungsi reed sendiri bisa dikatakan cukup vital, alasan nya karena reed mampu mengatur udara ketika ditiup oleh pemakai alat musik saxophone itu sendiri. Hal ini berguna karena jika udara nya terlalu keras maka suara yang dihasilkan dari alat musik saxophone sendiri akan tidak enak didengarkan. 

Ligature

Ligature adalah alat yang berguna sebagai pendukung untuk mouthpiece dan juga reed. Manfaat pemakaian ligature adalah untuk mengikat reed dan juga mouthpiece supaya tidak terlepas. Ligature menjadi aksesoris yang lumayan penting dalam menghasilkan tone yang mantap. Beberapa guna ligature lainnya merupakan :

Tone menjadi lebih presisi dan focus.

Tone pun menjadi lebih lebar.
Suara saxophone lebih bright namun tetap warm.
Intonasi menjadi lebih stabil, terlebih saat bermain fingering dengan cepat atau easy staccato.
Terakhir ialah easy blowing.

Cork Grease

Cork Grease adalah salah satu bagian dari alat musik saxophone. Aksesoris satu ini berupa minyak yang memiliki fungsi sebagai minyak untuk melicinkan gabus pada neck saxophone. Jika gabus pada neck tidak banyak lebih licin, maka bakal lebih mudah saat memasukan mouthpiece. Cork grease pun dapat dipakai di ujung neck andai neck tidak banyak sulit dimasukan ke dalam bodi. Jika dalam suasana mendesak, dan kebetulan tidak terdapat cork grease, dapat pun menggunakan vaseline. 

Sikat Pembersih

Sikat Pembersih adalah salah satu bagian dari alat musik saxophone. Seperti namanya, sikat pembersih ini bermanfaat untuk mencuci saxophone. Sikat ini bisa berupa pad saver (semacam kemoceng) ataupun cleaning swab ( kain yang diikat dengan tali). Untuk mencuci mouthpiece usahakan memakai sikat yang memang khusus guna mouthpiece, begitu pula untuk neck saxophone. Bagian dari alat musik saxophone yang satu ini bisa dikatakan cukup perlu untuk saxophone itu sendiri. Karena jika alat musik saxophone kotor maka bisa menimbulkan penyakit kepada penggunanya. Hal ini dianggap penting karena untuk kenyamanan saat bermain alat musik saxophone itu sendiri.

Strap

Strap adalah salah satu bagian dari alat musik saxophone yang berguna sebagai tali pengikat dan bermanfaat untuk mengaitkan saxophone ke badan si pemain saxophone tersebut. Dalam memakai strap, pastikan menyetelnya dengan nyaman sehingga bisa untuk membagi beban saxophone dengan pundak atau leher, sehingga ibu jari kanan bisa dengan leluasa memainkan lubang dari alat musik saxophone. Bagian dari alat musik saxophone ini sangat berguna karene bisa mengurangi kelelahan para pengguna nya ketika sedang tampil di depan banyak orang atau hanya sedang latihan saja.

Oke itu tadi artikel tentang Belajar mengenal bagian dari Alat Musik Saxophone. Semoga dengan kalian membaca artikel yang kami tulis ini dapat menambah pengetahuan dan wawasan anda seputar alat musik Saxophone. Sekian dari kami, kami ucapkan terimkasih.


Share :

Facebook Twitter Google+
Back To Top