Cara mudah Belajar Gitar Melodi untuk Pemula Otodidak

Cara mudah Belajar Gitar Melodi untuk Pemula Otodidak - Belajar gitar melodi dengan mudah, disini tempatnya. Karena akan kita bahas secara gamblang dan mendasar teknik gitar. Untuk para gitaris mari merapat hehehe


Cara mudah Belajar Gitar Melodi untuk Pemula Otodidak
Google Image - Cara mudah Belajar Gitar Melodi untuk Pemula Otodidak

Gitar Melodi

Gitar melodi atau dalam bahasa kerennya disebut dengan Lead gitar, adalah memainkan gitar dengan memberikan lukisan atau gambaran cerita untuk mengisi kekosongan sebuah lagu dengan nada nada menarik dan unik. Tapi, keunikan tersebut tidak keluar dari jalur akor atau kunci dasar tangga nada (Root). Apabila keluar dari tangga nada tersebut akan membuat permainannya terdengar fals atau salah. Untuk pemula biasanya memainkan latihan atau skala pentatonik (pentatonic scale) sebagai sebuah starting atau awalan dalam mempelajari permainan gitar melodi.

Skala Pentatonik

Secara harfiah, pentatonitc berasal dari gabungan kata "penta" yang berarti 5 dan "tonic"yang berarti tone atau nada. jadi dapat disimpulkan bahwa pentatonik berarti 5 nada. sedangkan scale atau skala berarti jangkauan atau lingkup sekitar yang harus dimainkan. Jadi, dapat dikatakan bahwa memainkan skala pentatonik adalah memainkan 5 nada dalam suatu jangkauan atau lingkup. Pentatonik pada dasarnya dibagi menjadi dua, yaitu: pentatonik mayor dan pentatonik minor.

Pentatonik Mayor

Sebenarnya tangga nada pentatonik mayor ini berasal dari tangga nada biasa. namun, tangga nada ini mengalami pengurangan sehingga menyisakan 5 nada pokok. adapun contohnya kita gunakan tangga nada C mayor. Maka hasil interval dan sisa nadanya adalah sebagai berikut:

C mayor = C - D - E - G - A - C

Coba di cek kira kira nada apa yang hilang??

ya, benar sekali yang hilang adalah nada F dan B. Kenapa demikian?? apa ada aturannya?? alasannya adalah tangga nada tersebut dihilangkan karena memiliki Interval setengah "1/2". Mari lihat lagi, lihat yang hilang adalah F dan B, sedangkan yang tersisa adalah tangga nada yang memiliki interval 1. Bagaimana?? seru bukan??

Pentatonik Minor

Pentatonik minor merupakan bentuk lain dari pentatonik mayor. kita dapat mendapatkan pentatonik minor dengan mencari nada keenam (La) yang di "minor"kan sesuai dengan root atau dasar tangga nada. Dengan kata lain kita membuat nada dasar pentatonik minor dari nada "La" suatu root. 

Cara mudah Belajar Gitar Melodi untuk Pemula Otodidak - Dengan memiliki kemampuan dalam memainkan skala pentatonik (pentatonic scale), sobat gitaris dapat menjadikannya sebagai modal utama dalam memainkan melodi melodi sederhana namun bervariasi. Baca juga Cara Mudah Belajar Menstem Gitar Akustik bagi Pemula Otodidak agar anda bisa mengerti cara menstem gitar dengan baik dan benar. Untuk mengetahui seputar dunia musik lebih lanjut, kunjungi terus belajarmusiku.com. Semoga informasi tersebut bermanfaat. Sekian dan Terimakasih.

Related Posts