Tips dan Cara Merawat Gitar Akustik yang Baik dan Benar

Tips dan Cara Merawat Gitar Akustik yang Baik dan Benar - Selamat sore sobat gitaris, kali ini kami akan membahas bagaimana cara merawat gitar akustik yang baik dan benar agar umur gitar akustik sobat bisa lebih lama dan selalu nyaman untuk dimainkan. 


Tips dan Cara Merawat Gitar Akustik yang Baik dan Benar
Google Image - Tips dan Cara Merawat Gitar Akustik yang Baik dan Benar

Merawat gitar merupakan salah satu cara untuk membuat gitar tetap nyaman dipakai dan memiliki umur yang lebih panjang. Merawat gitar juga ada caranya, meskipun gitar akustik terbuat dari kayu, bukan berarti kita hanya mengelapnya dengan air basah seperti kita membersihkan meja atau jendela.
Ada banyak kerugian yang dapat terjadi apabila kita tidak merawatnya dengan baik seperti neck, leher atau stang gitar melengkung atau bahkan gitarnya keropos karena kelembaban. Hal tersebut bisa membuat gitar memiliki bunyi yang tidak nyaring dan mudah patah atau rusak. 

Berikut ini adalah tips dan cara merawat gitar akustik yang dapat sobat gitaris lakukan dan praktikkan dirumah agar gitar sobat bisa lebih awet dan selalu nyaring.

MENYIMPAN GITAR PADA POSISI AMAN DAN NYAMAN

Kenapa kita harus menyimpan gitar pada posisi aman dan nyaman? Gitar akustik itu mudah rusak lho sobat gitaris. Kita jangan menyimpannya sembarangan. Mau meletakkannya pun harus dengan baik dan benar. Kita bisa menggunakan stand gitar sebagai alat untuk mendudukkan agar gitar tidak lecet dan rusak. Stand gitar ini juga bisa digunakan untuk memajang gitar dikamar sobat gitaris.

Kalau sobat gitaris tidak pengen majang gitarnya, mungkin sobat gitaris bisa membeli atau menggunakan hardcase, tapi harganya sangat mahal berkisar antara 500 ribu - 750 ribu. hardcase gitar bisa membuat nyaman gitar karena memiliki bentuk luar yang keras dan memiliki bagian lembut didalamnya 

KENDURKAN SENAR GITAR 

Hal ini gak kalah penting sobat gitaris, mengendurkan senar gitar ketika tidak akan dipakai dalam waktu lama dapat mengurangi resiko gitar melengkung lho sobat. Tapi kalau setiap hari mau dipakai ya tidak perlu dikendurkan. Jangan lupa pilih senar gitar yang baik supaya neck gitar tidak melengkung. 

BERSIHKAN GITAR SECARA RUTIN

Rutin membersihkan disini memiliki maksud membersihkannya secara berkala, seperti 1 bulan sekali atau bahkan seminggu sekali, sobat gitaris bisa menggunakan pembersih khusus untuk gitar. Jadi jangan gunakan air yang berlebih untuk membersihkan gitar. 


Gunakan pembersih gitar secara baik dan benar, jangan menyemprotkan air langsung ke gitar, lebih semprotkan air tersebut ke kainnya. Lalu lapkan secara baik dan merata. jangan lupa bersihkan senarnya atau ganti senar yang berkarat. jangan ketinggalan juga bagian fretboardnya yaa. 

JAGA SUHU GITAR

Hal ini tidak kalah penting untuk menjaga gitar akustik sobat gitaris supaya tetap awet dan selalu baik untuk terus digunakan. Gitar membutuhkan suhu yang baik dan warm atau hangat agar kayunya selalu kering dan nyaring. tapi kalau terlalu panas, hal ini dapat membuat gitar menjadi rusak. Lem gitar bisa mengelupas dan membuat gitar rusak. Tapi kalau gitar terlalu dingin akan membuat gitar menjadi tidak nyaring karena menghasilkan suara yang mengendap. Jangan pernah membiarkan gitar terkena air dalam waktu yang lama. Kalau terkena air, segera lap dengan kain yang lembut. Hal ini dapat mengurangi resiko suara gitar yang tidak nyaring.


Tips dan Cara Merawat Gitar Akustik yang Baik dan Benar - Demikianlah yang dapat kami sampaikan, semoga informasi tersebut dapat membantu sobat gitaris. Untuk informasi seputar gitar dan alat musik lainnya bisa kunjungi belajarmusiku.com . Sekian dan Terimakasih.

Related Posts