Cara Mudah Belajar Menstem Gitar Akustik bagi Pemula Otodidak

Cara Mudah Belajar Menstem Gitar Akustik bagi Pemula Otodidak - Selamat pagi sobat gitaris, kali ini saya akan membahas persoalan cara menstem gitar. nah, menstem gitar?? apasih itu?? yuk mari kita simak tulisan berikut ini. 

MENSTEM

Menstem gitar adalah suatu kegiatan dimana kita membuat los senar, atau kalau tidak ditekan sama sekali akan menghasilkan not per senarnya sehingga sesuai dengan standarnya. Menstem gitar sangat penting untuk sobat gitaris. Bayangkan saja jika senar gitarnya tidak stem?? mungkin sobat main dan menekan not atau chord, suaranya akan tidak bagus. Tentu mestem gitar diciptakan untuk mempermudah sobat gitaris untuk mempelajari gitar lebih dalam. Menstem gitar memiliki memiliki bahasa yang lain di lingkungan kita, seperti menyetem, mensetting dan menyetel gitar. Tapi ingat, meskipun beda nama tapi caranya pun sama. stem gitar pun bermacam - macam lho. Setiap musisi atau gitaris terkenal biasanya memiliki aturannya masing masing. Tapi kali ini kita bahas cara menstem gitar di nada standar dulu yaa.

Google Image - Cara Menstem Gitar Akustik


Kurang lebih ilustrasinya seperti gambar diatas yah sobat gitaris, yok langsung kita cek cara dan langkah-langkahnya.


    • Pertama dan utama adalah stem senar paling bawah atau nomor 1, caranya gimana? kita lihat, senar paling bawah memiliki nada E ketika open string (los senar). kita bisa menyamakan dengan gitar teman kita, tuner, atau dengan lagu yang bermula dari E. Contoh lagunya D'masiv - diantara kalian. bisa kalian coba. kenapa harus benar? karena senar ini akan menentukan masa depan penyeteman si gitar.

    • Kalo yang pertama udah siap, tinggal lanjut ke senar nomor 2 yaa. nah kali ini senar gitarnya memiliki open string (los senar) bernada B. gimana caranya? langsung saja kita tekan senar nomor 2 pada grip atau fret nomor 5. Lalu samakan ya. Jangan sampai tidak sama.

    • Lanjut ke atasnya, senar nomor 3 yang memiliki nada G open string. kita tekan senar nomor 3 pada fret nomor 4 lalu samakan dengan senar 2 pada open string atau los senar. hal ini dimaksudkan agar suara sama.

    • Senar 4 memiliki nada D ketika open string. seperti yang sebelumnya, kita tekan senar 4 pada fret nomor 5, lalu samakan dengan senar sebelumnya,  senar nomor 3 pada open string.

    • Senar 5 memiliki nada A ketika open string. tekan senar 5 pada fret 5, lalu samakan dengan senar dibawahnya atau sebelumnya yaitu senar 4 yang bernada open string D.

    • Senar terakhir yakni senar ke 6, senar tersebut harus sama dengan senar 5 ketika di tekan pada fret nomor 5. 

    • oke semuanya sudah sama, boleh dicoba pada kunci kunci yang kalian suka. Jika masih ada yang kurang pas bisa disetting sesuai keinginan dan feeling kalian. 


Cara Mudah Belajar Menstem Gitar Akustik bagi Pemula Otodidak - bagaimana sobat gitaris?? bisa dimengerti kan?? mudah untuk dipahami kan? kalau butuh informasi seputar dunia musik, kunjungi belajarmusiku.com . Semoga informasi diatas dapat membantu sobat gitaris, sekian dan terimakasih.

Related Posts