Tips Memilih Ukuran pick gitar dalam belajar gitar otodidak

Tips Memilih pick gitar dalam belajar gitar secara otodidak - Selamat malam sobat gitaris, kali ini saya akan membahas sedikit tentang apa itu pick, tipe atau jenis pick dan cara memakainya. Untuk sobat gitaris yang ingin belajar dan menambah pengetahuan lebih dalam soal pick gitar, Lets check it out deh yaa 

PICK GITAR

http://belajarmusiku.blogspot.com/2015/02/tips-memilih-pick-gitar-dalam-belajar-gitar-secara-otodidak.html
Google Image - Pick Gitar


Pick gitar atau yang biasa disebut dengan nama clipper merupakan salah satu alat atau bagian yang tidak dapat dipisahkan dari gitar. Pick gitar tebuat dari bahan plastik (ada juga yang besi). Fungsi dari pick gitar ialah sebagai alat untuk mengeraskan atau menjelaskan tekanan sehingga membuat hasil suara seperti yang diinginkan, seperti soft (lembut), medium, ataupun hard (keras) sound atau suara didalam memainkan gitar. 

Didalam pemakaian pick, pick gitar tidak hanya memiliki bentuk atau ukuran khusus. Banyak orang beranggapan bahwa "yang penting bisa buat gitar jadi berbunyi keras". mereka beranggapan bahwa bentuk serta ukuran tidaklah sesuatu yang penting. Tapi pada dasarnya, pick gitar memiliki ukuran dan bentuk sesuai kebutuhan dan keperluannya lho. mari cek poin nomor 2 dengan tipe tipe pick gitar

UKURAN PICK GITAR

Pick Gitar memiliki ukuran yang beragam sesuai dengan kebutuhannya. setiap tipe juga memiliki bentuk dan ketebalan yang berbeda-beda. Namun, kali ini kita akan membahas secara garis besarnya saja.

1. Soft Pick Gitar 



Pick gitar ini memiliki ketebalan 0,3 mm hingga 0,81 mm. Pick ini menghasilkan suara lebih lembut dan memiliki tingkat noise atau berisik yang sedikit ketika di genjreng. Pick jenis ini cocok untuk digunakan genjreng atau strumming ketika bermain gitar. Dan akan lebih cocok lagi ketika akan mengiringi orang bernyanyi karena hasilnya akan lebih enak dan nyaring.

2. Medium Pick Gitar


Pick gitar ini memiliki ketebalan 0,82 mm - 1,19 mm. Pick gitar ini akan menghasilkan suara yang memiliki tingkat noise yang lebih banyak daripada dengan pick yang soft. Pick ini cocok digunakan untuk memainkan musik yang akan dinyanyikan oleh orang lebih dari 1 karena akan menghasilkan suara yang lebih besar. Ini dimaksudkan agar dapat mengimbangi suara si penyanyi. 

3. Hard Pick Gitar


Pick gitar satu ini memang yang banyak diminati. Pick ini sangat kaku dengan memiliki ketebalan 1,2 mm - 2 mm. Pick ini biasa digunakan untuk gitar solo player karena akan menghasilkan suara yang tegas dan bulat. Pick jenis ini sangat diminati oleh pengguna gitar elektrik. Pick ini tidak disarankan digunakan untuk strumming atau genjreng pada gitar akustik karena akan menghasilkan suara yang sangat noise atau kurang baik.


BENTUK, JENIS DAN BAHAN PICK GITAR

Pick gitar juga memiliki jenis dan bahan sesuai dengan kebutuhannya. 

1. Alaska Pick Gitar


Tuh sobat gitar penampakannya ada diatas hehehe. Tipe pick gitar ini memang aneh,lain daripada yang lain, tapi tipe pick gitar yang ini bagus untuk sobat gitaris yang ingin bermain fingerstyle (Petikan atau sejenis klasik) seperti gitaris sungha jung, Trace Bundy, dan Andy Mckee. Pick ini berbahan dasar plastik memiliki bentuk seperti kuku tambahan. ini dimaksudkan agar pick ini dapat memudahkan pemain gitar klasik dan fingerstyle menghasilkan suara yang lebih tegas dalam memetik senar gitarnya.

2. Pick berbahan dasar alamunium


Pick gitar ini memang sedikit yang menggunakannya, tapi keberadaan pick ini memang benar adanya. pick gitar satu ini memiliki bahan alumunium. pick gitar ini sangat berfungsi dengan baik ketika perform atau manggung. tapi pick gitar ini tidak disarankan digunakan untuk gitar akustik. tingkat hasil noisenya sangat tinggi.

3. Pick berbahan Carbon (Karbon)


Pick gitar yang satu ini sangat diminati oleh banyak sobat gitaris. Pick gitar ini memang dapat digunakan dengan baik. Pick gitar ini memiliki bahan dasar karbon yang dapat mengurangi resiko licin dan lepasnya pick gitar dari tangan karena bermain terlalu lama.

Pick gitar ini dibuat dengan maksud untuk membantu para gitaris yang akan bermain lama dan memiliki produksi keringat yang berlebih dibagian jari. Pick ini akan sangat membantu untuk mempermudah dalam memainkan gitar dalam waktu yang cukup lama.

4. Pick Gitar Bass

Pick gitar yang satu ini buat sobat bassist yaa. Pick gitar ini memiliki keistimewaan didalam bentuknya. Bentuknya lebih mengarah pada bentuk segitiga sama sisi. Hal ini dimaksudkan agar semua posisi bisa digunakan dalam memainkan bass. Pick bass gitar ini memiliki ketebalan hard (keras) dengan maksud agar menghasilkan suara dengan sangat jelas. 

Tips Memilih pick gitar dalam belajar gitar secara otodidak - Demikianlah yang dapat saya sampaikan pada sobat gitaris sekalian. Bagaimana informasinya?? cuku menarik bukan??. Nah kalau butuh informasi seputar musik silahkan kunjungi belajarmusiku.com. Semoga informasi tersebut dapat membantu sobat gitaris sekalian. sekian dan terimakasih.


Related Posts