Belajar Bass Gitar Otodidak dengan Mudah

Belajar Bass Gitar Otodidak dengan Mudah - Selamat siang sobat gitaris, kali ini saya akan membahas cara mudah belajar memainkan bass gitar secara otodidak. Nah sebelum kita mulai membahas caranya alangkah baiknya jika kita melihat penampakan si Gitar Bass. nih penampakannya:


Google Image - Belajar Bass Gitar Otodidak dengan Mudah

Jangan kaget sobat gitaris, bass gitar memang sedikit berbeda dari gitar akustik ataupun elektrik lho.
Bisa dilihat kan, untuk penampakan bass gitar seperti diatas, itu merupakan bentuk bass gitar secara standard. dengan spesifikasi senar 4 buah yang besar besar. Yaudah yok kita bahas cara belajar bass gitarnyaa:

1. Memetik senar satu persatu

Ingat sobat gitaris, kalau main bass gitar dipetik satu satu yah. jangan di genjreng. hehehe nanti bunyinya bisa aneh. kalo gak percaya bisa di test deh hehehe.


2. Posisi tangan kanan yang benar


Tuh gan penampakannya, posisi jari sebelah kanannya harus seperti itu biar mudah. Menggelantung dari atas kebawah.dan dengan memetik satu persatu.kenapa hal ini harus dilakukan dan tidak di genjreng???. kalian pasti bertanya-tanya bukan??. nah ini alasannya:
      
a. senar bass besar besar jadi harus dipetik dengan bagian kulit dan dipetik. hal ini akan menghasilkan suara bass yang lebih bulat dan bernafas panjang.
b. Pickup bass gitar lebih sensitif dibandingkan dengan gitar, jadi kalau di gunakan pick bisa menghasilkan suara yang sedikit noise apabila disambungkan ke amplifier atu speaker khusus bass gitar.

 3. Belajar kunci/akor/Chord bass gitar


Sebenarnya, not bass gitar tersebut sama dengan not gitar pada umumnya. yaitu senar nomor 3, 4, 5, 6 itu sama dengan senar bass 1 , 2, 3, dan 4. Jadi notnya pun tidak berbeda.

Nada pada los senarnya pun sama, bisa dilihat, di gitar bass, senar paling bawah atau nomor 1 itu los (tidak di pencet) senarnya bernada G, sedangkan nomor 2 bernada D, senar ke 3 bernada A, dan senar terakhir bernada E.

Jangan heran kenapa bass gitar hanya dipetik satu persatu. Lalu, kunci bass gitarnya gimana??
Jadi sebenarnya Bass Gitar itu 1 not = 1 kunci. Jadi, tidak ada komposisi not untuk jadi kunci bass yang seperti kunci gitar. kalau gitar perlu kombinasi not agar menjadi 1 kunci atau akor bisa di genjreng. Nah kalo bass, 1 notnya sudah mewakili satu kunci seperti di gitar. 

Lalu gimana dengan Kunci mayor dan minornya ??
Nah Ketika gitar bermain nada mayor maupun minor, bass gitar cukup ikut posisinya. Misal : Gitar
A mayor (A) jadi Bassnya cukup main not A. dan Kalau gitar A minor (Am) yaa tetep, bassnya main di Not A. 


Belajar Bass Gitar Otodidak dengan Mudah - Gimana sobat gitaris?? postingan kali ini??. Mau informasi lain seputar dunia musik silahkan kunjungi belajarmusiku.blogspot.com. Semoga informasi diatas bermanfaat bagi sobat gitaris sekalian. sekian dan terimakasih

Related Posts