Cara Cepat Belajar Gitar dengan Cepat

Cara Cepat Belajar Gitar dengan Cepat - Banyak orang yang suka mendengarkan permainan gitar dengan speed atau perpindahan secara cepat. Tak sedikit pula yang ingin bisa melakukan hal tersebut. Tapi sudah tahukah kita bagaimana cara yang benar untuk mempercepat permainan gitar kita? mari kita simak tulisan berikut ini.

Cara Cepat Belajar Gitar dengan Cepat
Google Image - Cara Cepat Belajar Gitar dengan Cepat


Bermain Gitar dengan kecepatan tinggi sangat diidam-idamkan oleh gitaris, tak terkecuali kita sebagai gitaris pemula. Namun, adakah yang tahu cara agar jari jari kita dapat bergerak cepat serta akurat??. Adakah cara ampuh untuk berlatih ??. Ya tepatt sekali, tidak ada cari lain kecuali berlatih fingering atau penjarian secara teratur.

Fingering

Fingering atau dalam bahasa indonesia berarti penjarian (banyak juga yang bilang senam jari), ialah suatu kegiatan menggerakkan jari sesuai dengan pola perpindahan tertentu dengan tujuan untuk membuat jari lebih pas dalam menekan not pada fingerboard. Pola ini dilakukan demi tujuan yang baik, karena pada dasarnya jari yang dilatih terus menerus akan membuat jari menjadi lebih siap untuk menekan not pada fingerboard pada kondisi apapun tak terkecuali pada tempo yang cepat.

Adapun salah pola-pola dasar dalam latihan fingering sebagai berikut:

Penjarian Skala Kromatik 

Skala kromatik adalah pola yang paling dasar dalam penjarian, karena letak notnya bersebelahan (tidak ribet). dengan berlatih menggunakan pola penjarian seperti diatas, kita bisa mendapatkan perpindahan jari dengan nyaman dan mudah. jangan lupakan jari kelingking. gunakan kelingking walaupun susah!. Hal ini akan membuat anda ketagihan untuk berlatih menggunakan fingering. karena semakin sering kita menggunakan pola fingering ini, jari kita akan terbiasa dan kecepatannya akan meningkat.

Penjarian Skala Kromatik Modifikasi 1


Nah, kalo kita sudah terbiasa latihan fingering pada pola kromatik yang pertama, kita bisa melanjutkan fingering pada pola ini. pola ini merupakan modifikasi dari fingering kromatik yang pertama lho. bedanya, ketika sampai pada senar paling bawah, jari kita harus pindah pada fret kelima dan menekan mundur. lihat gambar, setelah pola 1-2-3-4 disenar nomor 1 dilanjutkan dengan menekan fret lima lalu mundurmenjadi 5-4-3-2 sampai senar nomor 6 (paling atas). nantinya, Fingering ini membantu kita untuk lebih cepat dalam perpindahan fret.


Penjarian Skala Kromatik Modifikasi 2


Fingering ini merupakan modifikasi dari fingering kromatik. bedanya adalah kita harus berpindah jari yang tadinya 1-2-3-4 sekarang diganti dengan 1-4-2-3 atau telunjuk-kelingking-jari tengah-jari manis. Fret yang dimainkan tetap sama. latihan ruting dengan fingering tipe ini akan membuat kita merasakan perpindahan yang tak terduga sehingga kita lebih sensitif dalam menggunakan jari kita.


Fingering merupakan salah satu cara yang tepat untuk membuat kita memainkan melodi dengan cepat karena akan membuat jari jari kita lebih luwes dan nyaman dalam menari diatas fingerboard. Ingat, mengetahuinya saja tidak cukup. berlatih secara rutin agar permainan gitar kita menjadi lebih baik lagi. hehehehe

Cara Cepat Belajar Gitar dengan Cepat - Demikianlah sedikit latihan dasar fingering untuk membuat permainan gitar kita menjadi lebih cepat.  Semoga bermanfaat. Jangan lupa baca juga Tips Memilih pick gitar dalam belajar gitar secara otodidak yang bisa membuat permainan anda semakin cepat jika menemukan pick gitar yang sesuai dan pas untuk anda. Butuh informasi lebih lanjut seputar dunia musik, ikuti terus Belajarmusiku.com .sekian dan terimakasih

Related Posts