Tips dan Cara Mudah Belajar Harmonika

Tips dan Cara Mudah Belajar Harmonika - Heihoooo, apakah dari kalian ada yang memainkan alat musik Harmonika? Ya Harmonika. Harmonika merupakan alat musik yang berbentuk persegi panjang kecil dan mempunyai lubang di bagian depan dan belakangnya. Harmonika juga merupakan alat musik yang memiliki suara yang khas loh, untuk beberapa orang yang sudah memainkan harmonika, pasti memiliki kesenangan sendiri saat memainkannya. Bila kalian ingin mencoba memainkan harmonika atau bahkan ingin ke tempat yang lebih tinggi lagi sebagai pemain harmonika, saya harap artikel kali ini dapat membantu kalian untuk memulainya. 

Tips dan Cara Mudah Belajar Harmonika
Google Image - Tips dan Cara Mudah Belajar Harmonika


Tips dan Cara mudah belajar Harmonika (Harmonica)

Ada bermacam-macam jenis harmonika, mulai dari Diatonik, Chromatik, Tremolo, bahkan sampai jenis Chord yang terbesar. Pada kali ini saya memakai jenis Harmonika diatonik sebagai referensi dari artikel kali ini. Usahakan jika ingin memulai belajar harmonika, belilah harmonika dengan Do = C karena itu merupakan nada yang sudah sering kita dengar. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika kita ingin belajar memainkan harmonika yaitu :

Posisi memegang harmonika

Ini adalah hal pertama yang harus kita perhatikan, memegang harmonika tidak hanya sembarang pegang. kalian harus memegang harmonika tepat pada pangkal jari telunjuk sebelah kiri dengan posisi telunjk berada diatas harmonika dan jempol berada dibawah harmonika, lalu tangan sebelah kanan dapat memegang bagian kanan harmonikanya. Usahakan lubang pada bagian belakang harmonikanya terbuka ya, karena lubang itu merupakan tempat suara keluar.


Meniup harmonika

Harmonika diatonik biasanya mempunyai 10 lubang yang kecil dan sedikit berdempetan. Untuk benar-benar disebut bisa dalam memainkan harmonika, kalian harus dapat meniup satu lubang tanpa mengeluarkan suara dari lubang lainnya, atau disebut juga single note. Ada dua tekhnik untuk tata cara meniup harmonika yaitu :

1. Tekhnik siul
Tekhnik ini memakai bentuk bibis bersiul untuk meniup satu lubang di harmonika, kalian dapat memajukan bibir depan kalian lalu tempel ke lubang harmonikanya dan mulailah belajar meniup satu lubang dengan satu suara dan lubang lain yang tidak difokuskan tidak bersuara.

2. Tekhnik lidah
Tekhnik ini adalah tekhnik yang saya pakai. Tekhnik ini menggunakan lidah sebagai acuan untuk memfokuskan lubang mana yang akan ditiup. Pertama kalian dapat menempelkan ujung lidah kalian pada lubang yang akan difokuskan, lalu mulailah meniup pelan-pelan untuk mendapatkan suara yang diinginkan.

Dalam latihan kali ini biasanya akan menyebabkan bibir kita lumayan pegal ketika mencoba berulang-ulang agar kita tau posisi mana yang pas bagi kita untuk dapat memainkan harmonika. Latihan ini memang perlu dilakukan berulang-ulang.

Posisi Nada dalam Harmonika

Jika kalian sudah bisa meniup satu nada dalam harmonika, kalian juga harus tau dimana letak nada dasar dari harmonika. Nada dasar terletak pada lubang berikut:

Do = lubang 4 ditiup
Re = lubang 4 dihisap
Mi = lubang 5 ditiup
Fa = lubang 5 dihisap
Sol = lubang 6 ditiup
La = lubang 6 dihisap
Si = lubang 7 dihisap
Do = lubang 7 ditiup

Itulah lubang-lubang posisi nada dasar dari harmonika, kita juga harus membiasakan dan menghafal letak-letak nada lainnya agar kita jadi lebih bisa berimprovisasi saat memainkan harmonika.

Efek Spesial (Special Effect)  

Dalam bermain harmonika kita dapat membuat efek tanpa alat tambahan. Ada beberapa spesial efek dalam memainkan harmonika yaitu :

1. Vibrato
Vibrato dapat, kalian lakukan dengan cara menutup bagian belakang harmonika dengan bagian tangan kanan yang tersisa. Ketika kalian tiup harmonikanya kalian dapat menggerakan tangan kanan kalian untuk membuka tutup lubang pada bagian belakang harmonikanya yang akan memberikan efek vibrato.

2. Pitch bending
Yaitu mengeluarkan nada lebih rendah dari nada yang terdapat pada harmonika. Ini dilakukan dengan cara menggerakkan lidah sehingga menutup setengah lubang nada harmonika lalu kalian hisap sehingga menghasilkan nada mol ( b ), ini hanya dapat digunakan pada lubang 1 sampai 4 dan dengan cara di hisap. Bahkan jika sudah biasa melakukannya kalian dapat memakainya untuk memainkan lagu blues dan lagu shuffle.

3. Over bending
Over bending sama halnya dengan pitch bending, tetapi pitch bending dipaakai untuk mengurangi lebih dari setengah nada pada nada dasar harmonika.

4. Over blow
Tekhnik overblow merupakan tekhnik yang susah untuk dilakukan. Tekhnik inipun hanya sedikit yang dapat melakukannya. Caranya yaitu dengan membentuk bibir sedemikian rupa dengan lidah yang dibentuk didepan lubang yang akan ditiup, tekhnik overblow biasanya dipakai di lubang 7 sampai lubang 10. Jika pitch bending untuk menurunkan nada, tekhnik ini dipakai untuk menaikkan nada.

Tips dan Cara Mudah Belajar Harmonika - Itu lah beberapa cara dan tekhnik dasar dalam memainkan harmonika, referensi harmonika belajar dari saya ialah harmonika suzuki folkmaster, karena ini merupakan harmonika yang tidak terlalu mahal dan dapat didapat dengan mudah. Kalian jangan sesekali membeli harmonika dengan merk angel, karena rata-rata harmonika angel mempunyai nada yang fals dan tidak enak untuk dimainkan. Intinya tidak ada hal yang ,udah untuk belajar musik, cara termudahnya yaitu dengan tetap terus belajar dan belajar, sehingga kemudahan itu datang dengan sendirinya.

Share :

Facebook Twitter Google+
Back To Top