Inilah Daftar Gitaris Terbaik di Indonesia

Inilah Daftar Gitaris Terbaik di Indonesia - Indonesia patut berbangga sebab memiliki banyak musisi dan pemain music handal. Dalam dunia musik, Indonesia memiliki potensi-potensi yang luar biasa. Dalam soal tarik suara misalnya, biduan jazz Trie Utami, pernah membawa harum nama Indonesia dengan meraih Grand Prix Winner di ajang The Golden Stag International Singing Contest di Brasov, Rumania pada tahun 1992.

Kalau soal pemain gitar sendiri, tidak sedikit sekali gitaris canggih asli Indonesia. Salah satu nya adalah Ian Antono, gitaris band God Bless yang keren. Ian Antono sukses sebagai gitaris God Bless, ia pun salah satu hits maker dalam band rock legendaris tersebut. Apa itu gitaris?



Google Image - Inilah Daftar Gitaris Terbaik di Indonesia


Gitaris ialah pemusik yang memainkan perangkat musik gitar atau yang berprofesi sebagai pemain gitar.

Seorang gitaris bisa bermain solo atau gitar tunggal, duet, maupun bergabung dalam suatu grup musik atau grup band.

Perkembangan dunia gitar rock di Indonesia dimulai oleh timbulnya gitaris-gitaris laksana Ian Antono dalam band God Bless. Eet Sjahranie , John Paul Ivan, Andra Ramadhan, andry Muhammad, Beng beng , Aria Baron, Puguh Kribo Dan masih tidak sedikit lagi legenda dari luar negeri laksana Jimi Hendrix, Wes Montgomery, Stevie Ray Vaughan, Eddie Van Halen, Ritchie blackmore, Ritchie sambora, Steve vai, Joe Satriani, Yngwie J Malmsteen, Paul Gilbert, Eric Johnson, Gary Moore, B.B king, Eric Clapton


Inilah Daftar Gitaris Terbaik di Indonesia

 

1. DEWA BUDJANA

Gitaris satu ini setia dalam memainkan nada-nada serta melodi yang apik pada grup band Gigi. Jangan terpengaruh dengan tampangnya yang kalem, dia memang lebih tidak sedikit berbicara dengan gitarnya. Meski memainkan genre pop rock, tetapi Budjana tidak jarang kali menyusupkan melodi-melodi yang menarik. 

Dewa Budjana pun merilis album solonya. Di album itu dia memperlihatkan egonya dengan mengumbarkan permainannya yang tidak sedikit didominasi oleh jazz serta etnik. Gitaris satu ini memang sangat jago kalo urusan memainkan nada-nada dan melodi yang dihasilkan dari suara gitar yang ia petik.

2. IAN ANTONO

Permainan gitarnya yang etnik dengan sajian nada orkestra khas Bali menciptakan Ian Antono menjadi perhatian. Pria asal Malang, Jawa Timur ini dikenal sebagai gitaris rock kesatu di Indonesia. Prestai terbesarnya dalah ketika dia diundang untuk bekerjasama dengan semua dewa gitar laksana Joe Satriani, Steve Vai dan Jethro Tull.

3. ANDRA JUNAIDI

Andra ialah gitaris salah satu band  dari Indonesia, yaitu Dewa 19 dan Andra and The BackBone. Jika dalam Dewa 19 ia tidak sedikit mengikuti ritme Dewa yang lebih lembut, di Andra and The BackBone ia jauh lebih tidak sedikit bereksplorasi. Pada sejumlah part, ia tampak menonjol.

4. EET SJAHRANIE

Eet Sjahranie alias Zahedi Riza Sjahranie, ialah gitaris berbakat Indonesia. Saat ini Eet Sjahranie  tergabung dalam grup rock EdanE. Sebelumnya dia sempat memperkuat sejumlah grup band antara beda God Bless untuk menggantikan Ian Antono, Superdigi, dan Cynomadeus. Permainan gitar Eet lebih diprovokasi oleh gitaris Van Halen. Bersama EdanE, Eet melimpahkan kemampuannya dalam bermain gitar. Impiannya menjadikan grup rock EdaE menajdi grup rock dari Indonesia yang paling terkenal, secara musical kemampuan bermusik grup rock edanE sama kualitasnya dengan grup-grup rock dari luar negeri.

5. EROSS CANDRA

Eross Candra biasa disapa Eross ialah seorang yang berprofesi sebagai musisi yang tergabung dengan grup musik Indonesia yaitu Sheila on 7. Eross berposisi sebagai gitaris dari grup musik tersebut. Eross besar di keluarga penyuka musik. Sejak SD, Eross sudah mengenal dunia musik sebab sering menemani ibunya mengajar di studio musik di rumahnya, Karangkajen, Yogyakarta. Eross paling tertarik dengan perangkat musik gitar dan mempelajarinya lebih dalam lagi. Eross memiliki gitar pertama nya ketika berusia 14 tahun sebagai kado ulang tahun dari ayahnya.

7. ANDRA RAMADHAN

Andra Junaidi Ramadhan. Andra pernah menyatakan bahwa ia terlambat mengenal musik, sebab baru SMP lewat ekskul musiklah ia mulai tertarik pada musik. Pertama ia memiliki mimpi untuk menjadi seorang drummer terkenal, tetapi sebab masalah ongkos untuk melakukan pembelian Drum paling mahal dan setelah menyaksikan teman2nya asyik memetik gitar, hobinya juga berganti. Bermodal gitar pinjaman, ia mulai belajar gitar, dan memang sebab bakat, keterampilan dan kiat permainannya berkembang paling pesat. Di SMPN 6 inilah, Andra bertemu dengan Dhani, Wawan, dan Erwin lantas mereka sepakat untuk menyusun band dengan nama Dewa.

8. Jojo Draven

Ini dia di antara gitaris wanita keren yang dimiliki Bangsa Indonesia. Namanya mungkin asing di telinga kalian, namun gitaris asal Surabaya ini telah go internasional sob. Jojo tergabung dalam grup band perempuan asal Los Angeles The Iron Maidens.

9. Mohammad Ridwan Hafiedzz

Mohammad Ridwan Hafiedzz lebih akrab disapa Ridho Slank. Dia bermain gitar semenjak berusia 7 tahun. Karier profesionalnya mulai saat menyusun grup musik LFM pada tahun 1991. Setelah menuntaskan pendidikan formalnya, Ridho pergi ke Hollywood, Amerika Serikat guna belajar musik di Musician Institute untuk meningkatkan kualitas bermusik nya.

8. Ebiet G Ade

Selain familiar sebagai pengarang dan pembawa lagu-lagu yang memiliki pesan yang bermakna, Ebiet tidak jarang kali identik dengan gitarnya. Ia menjadi salah satu biduan yang tampil keren melulu dengan gitarnya. Tampilan ala pengamen jalanan tapi tidak jarang kali berkelas.


Oke sob itu tadi Daftar Gitaris Terbaik di Indonesia semoga dengan membaca artikel ini akan menambah wawasan anda musik  dan musisi-musisi berbakat Indonesia.

Related Posts