Cara Mudah Belajar Gitar Teknik Dasar Arpeggio

Cara Mudah Belajar Gitar Teknik Dasar Arpeggio - Teknik Arpeggio merupakan teknik dasar gitar yang sangat susah untuk dipelajari. Namun, disini kita akan membahasnya secara padat dan berisi dari dasar. 


Cara Mudah Belajar Gitar Teknik Dasar Arpeggio
Google Image - Cara Mudah Belajar Gitar Teknik Dasar Arpeggio

Teknik Dasar Arpeggio

Arpeggio merupakan teknik memainkan akor atau kunci gitar dengan cara memainkan not not kombinasi akor satu per satu secara berurutan dalam pola tertentu. Kata Arpeggio berasal dari kata "Arpa" atau harpa karena mirip dengan gaya petikan harpa. contohnya, kita memainkan kunci D, maka kita memainkan akor tersebut tidak dengan cara strumming (genjreng) melainkan dengan cara satu persatu sehingga terdengar lebih enak. 

Adapun tips dan trik dasar belajar teknik dasar arpeggio sebagai berikut:

Ketuk not akor satu persatu

Sesuai dengan namanya yang berasal dari kata "Arpa" atau harpa, teknik yang satu ini memang mengharuskan kita untuk memainkan not akor satu persatu secara bergantian. Jadi kita tidak boleh memainkan not lebih dari satu karena itu bukan dikatakan teknik arpeggio, melainkan strumming atau menggenjreng. 

Mainkan Arpeggio per kunci

Arpeggio biasa dimainkan dengan waktu yang terdengar susah dan cepat. Nah, ini merupakan salah satu keunggulan arpeggio. Sebenarnya arpeggio berbeda dengan tangga nada. Didalam memainkan sebuah lagu, akor atau kunci gitar berpindah dengan cepat. Kalau kita memainkan dengan tangga nada, maka itu bukan arpeggio, karena arpeggio berpindah nada per kuncinya. Hal ini mengakibatkan teknik arpeggio terdengar cepat dan sulit untuk dipelajari. Padahal sebenarnya karena perpindahan akor yang lebih sering mengakibatkan teknik arpeggio sering berpindah juga. contohnya ketika kita memainkan kunci D- A-Bm-G maka kita harus memainkan Arpeggio pada masing masing kunci tersebut. pindah kunci ya pindah arpeggio. 

Pelajari Barre chord (kunci gantung)

Arpeggio merupakan permainan gitar yang menampilkan kunci gitar dengan mengetuk not nya satu per satu. namun, kunci apa??. kunci gantung (barre chord) merupakan salah satu kunci yang sering digunakan dalam memainkan teknik ini. dengan menguasai dan mempelajari kunci gantung akan membuat kita semakin mudah untuk memainkan teknik arpeggio.

Mencari referensi not Arpeggio 

Dalam mempelajari teknik arpeggio, para gitaris handal cukup memainkan intuisi atau perasaannya agar menemukan lick atau not not arpeggio yang di ambil. namun, akan sulit bagi kita seorang pemula untuk ikut menggunakannya. Nah, lalu bagaimana caranya?? cukup kita mencari sumber informasi mengenai not not arpeggio per akornya seperti gambar atau bahkan videonya. Hal ini akan membantu kita dalam memahami letak not arpeggio yang harus dimainkan.

Latihan Arpeggio Rutin

Arpeggio merupakan teknik gitar yang memang membutuhkan kesabaran ekstra dalam mempelajari nya, teknik ini membutuhkan latihan rutin agar kita mampu menguasai not not arpeggio per akor atau kunci lalu kecepatan dalam memainkan teknik ini. Sabar dan latihan rutin akan membuahkan hasil yang sempurna dan memberikan perubahan yang signifikan pada kemampuan kita. Latihan bukan berapa hari atau bulan, melainkan berapa jam dan kualitas latihan kita.


Cara Mudah Belajar Gitar Teknik Dasar Arpeggio - Demikianlah ulasan kami mengenai tips dan trik memainkan teknik gitar arpeggio. Jangan lupa baca juga Cara Memetik Gitar yang Benar dalam Belajar Gitar Akustik Otodidak yang bisa membuat permainan gitar anda menjadi lebih memukau. Kunjungi terus belajarmusiku.com. Semoga bermanfaat. Sekian dan Terimakasih.

Related Posts